Mau Backpackeran ke Thailand? 7 Tips Ini Akan Membantumu

Selain Singapura dan Malaysia, Thailand menjadi tujuan wisata backpacking yang populer di Asia Tenggara. Negara ini cukup ramah dengan turis asing dan biaya hidupnya terjangkau. Tarif transportasi serta tiket masuk tempat wisatanya pun masih ramah di kantong lho.

Jika Anda baru pertama kali backpackeran ke Thailand, Reservasi.com punya 7 tips jitu yang siap membantumu. Simak yuk!

1. Siapkan kelengkapan tiket pesawat dan paspor

Pertama, tentu saja Anda harus menyiapkan tiket pesawat untuk berangkat ke sana. Sebaiknya beli tiket PP agar liburan lebih praktis dan nyaman. Jangan lupa pantau promo tiket, jadi bisa menghemat anggaran biaya.

Selanjutnya, jangan lupa siapkan paspor. Berkunjung ke Thailand tidak perlu menyiapkan VISA. Ada kelonggaran bebas VISA untuk sesama negara anggota ASEAN dengan 2 masa berlaku berbeda, 30 hari untuk pengunjung yang datang menggunakan jalur udara dan 15 hari untuk jalur darat atau laut.

2. Cari penginapan murah dan selesaikan pemesanan di Indonesia

Selain tiket pesawat, pastikan sudah memesan penginapan dan menyelesaikan semua transaksi di Indonesia. Agar saat berangkat nanti Anda lebih tenang, tempat istirahat sudah menanti di lokasi tujuan.

3. Ada 2 bandara internasional di Bangkok, pelajari keduanya

Di Bangkok ada 2 bandara internasional yang wajib Anda tahu. Bandara Internasional Suvarnabhumi diperuntukkan untuk maskapai penerbangan full service. Letaknya agak jauh dari pusat kota, seperti Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta.

Bandara kedua adalah Don Muang sebagai pintu masuk maskapai penerbangan kelas menengah ke bawah. Bandara ini letaknya dekat dengan pusat kota. Akses menuju pusat Bangkok lebih mudah, ada banyak transportasi umum dan taksi di sekitarnya.

4. Persiapkan uang Baht

Hampir semua transaksi jual-beli di Thailand dilayani dengan mata uang baht. Tukarkan dulu mata uang rupiahmu ke pecahan baht. Jika susah menemukan jasa penukaran baht di Indonesia, tukarkan rupiah ke dolar Amerika terlebih dahulu.

Cara ini akan memudahkanmu untuk menukar baht di Thailand. Hampir semua money changer di sana melayani penukaran dolar Amerika.

5. Tentukan tujuan wisata dan buat itinerari

Ada 2 tipe backpacker, modal nekat dan serba terjadwal. Anda tim yang mana nih? Tapi untuk kunjungan pertama kali ke sebuah negara, sebaiknya tetap membuat rencana simpel dan itinerari.

Cari info sebanyak-banyaknya tentang tempat wisata yang gratis tiket masuk, tempat makan murah, hingga peta wisata. Jadi perjalananmu nanti tidak terlalu buta arah.

6. Pelajari fasilitas transportasi umum di sana

Thailand merupakan negara yang cukup luas dengan banyak spot menarik di hampir semua kotanya. Anda butuh gonta-ganti transportasi umum saat backpackeran di sana. Pelajari dulu dari sekarang, fasilitas transportasi apa saja yang bisa digunakan dan bagaimana rutenya.

Jangan lupa menjajal naik Tuk Tuk, kendaraan roda tiga mirip bajaj yang menjadi ikon transportasi tradisional di Thailand.

7. Manfaatkan jasa open trip yang tersebar di beberapa lokasi penginapan

Kalau ingin cari aman sebagai backpacker pemula, coba manfaatkan jasa open trip yang tersebar di beberapa penginapan. Biasanya tiap agen travel memasang brosur atau papan informasi di lobi.

Jasa open trip ini menawarkan beberapa macam paket wisata. Ada yang memakan waktu tidak sampai sehari dengan tujuan berjarak dekat. Tapi ada juga yang berdurasi 2-3 hari, biasanya mengambil tujuan ke tempat-tempat eksotis dan wisata alam.

Jika 7 tips di atas sudah Anda jalankan, backpackeran ke Thailand dijamin jadi lebih mudah meski baru pertama kali. Catat tipsnya dan segera rencanakan liburanmu yuk!

ADD YOUR COMMENT